The Sour Taste of Defeat

Memang spek itu nomor satu

Ditulis oleh Prama Aditya pada 12 Juni 2015

Di post sebelumnya saya sempat menceritakan bagaimana saya mengikuti kontes redesign website kominfo. Dalam pembuatan webnya saya dibantu oleh 3 orang teman saya Opak, Azka dan Roro. Ini adalah hasil kerja kami. Kami sangat yakin bahwa minimal karya kami akan masuk 5 besar.

Lo and behold, pengumuman pada tanggal 11 Juni kemarin menghancurkan harapan kami. Masuk 5 besar saja tidak. Kalau bukan karena buku the Chimp Paradox mungkin emosi saya sudah amburadul sekarang.

Banyak kemungkinan alasan kenapa karya kami tidak masuk 5 besar. Salah satu alasan yang membuat saya cemas adalah keputusan saya untuk mengganti carousel di halaman depan dengan grid, walaupun saya tahu bahwa di dalam peraturan harus ada carousel. Hal ini saya lakukan karena hasil riset yang mengatakan bahwa carousel sangatlah tidak efektif bagi pengunjung karena berbagai macam hal. Kami juga mengubah susunan menu navigasi berdasarkan testing Information Architecture untuk mendapatkan menu navigasi yang paling masuk akal untuk pengunjung. Hal-hal seperti menyatukan Informasi-Laporan-Rencana-Hukum menjadi sebuah mega menu bernama “Publikasi”.

Dari semua kandidat saya yakin karya kami memiliki paling banyak riset di balik layar. Setiap pilihan design kami memiliki alasan yang jelas di baliknya. Namun apa boleh buat, ternyata speklah yang paling penting.

Untungnya saya punya fokus lain untuk saat ini, membuat komik! Sekarang saya sedang mendengarkan audiobook Superheroes!, yang berisi bagaimana sejarah dibuatnya komik superhero di Amerika dan bagaimana karakter tersebut berkembang hingga menjadi ikon Amerika saat ini. Sejauh ini isinya sangat menarik dan cukup merubah cara pandang saya mengenai kreasi komik superhero di Indonesia.

Next time: Lean Canvas untuk komik?

Jika kamu punya pertanyaan atau komentar, kamu bisa menuliskannya di bawah. Kalau kamu menyukai post ini, kamu bisa menyebarkannya lewat Twitter, Facebook atau Google+. Follow me on Twitter!